Sabtu, 17 Januari 2009

Mengasihi Sesama seperti dirimu sendiri


Seperti dirimu sendiri harus bermakna bahwa kita memandang orang lain,kita menangani orang lain seolah-olah orang itu adalah diri kita sendiri.Bagaimana kita bisa melakukannya sementara orang lain itu tidak sama dengan kita
Kita harus memandang sesama sebagai kita dalam wujud lain.Ini berarti setiap perbedaan yang menjadi penghalang dalam berkomunikasi atau bahkan pemikiran yang menjadi penghambat dalam berkomunikasi harus diruntuhkan.
Apabila kita berbicara mengenai seperti dirimu sendiri kita sesungguhnya sedang berbicara dalam bahasa kasih.Bila kita mengasihi seseorang seperti diri kita sendiri maka kita akan rela berkorban demi dia.
Ada perbedaan antara mengasihi dengan mengasihi seperti dirimu sendiri.Mengasihi sesama dapat digenapi dengan kasih yang terbatas,kita mengasihi hanya dengan memberikan sebagian kecil dari kemampuan kita.Tapi mengasihi seperti diri sendiri bermakna tidak ada lagi batasan,kita akan melakukan apapun untuk orang yang kita kasihi walau harus menyerahkan nyawa kita.
Mengasihi sesama seperti diri sendiri tidak mengharapkan imbalan apapun dan tidak melihat latar belakang orang yang kita kasihi.
Mengasihi juga bukanlah teori atau defenisi.Memberikan nama atau penjelasan atas sesuatu bukan berarti kita telah memahaminya.Mampu mendefinisikan kata mengasihi sesama sesama seperti diri sendiri bukan berarti kita telah memahami apa itu mengasihi sesama.Mengasihi sesama seperti diri sendiri bukan untuk didefenisikan tetapi untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.Jika setiap orang mau mampu melaksanakannya,hidup ini akan begitu indah dan tidak ada lagi kebencian karena perbedaan.Dengan perbedaan yang ada malah kita akan semakin kuat.
.

4 komentar:

  1. wahh..salam kenal lae...par poriaha ate??

    BalasHapus
  2. salam kenal juga lae,botul lae par poriaha do hami masuk wilayah kec tapian nauli.

    BalasHapus
  3. yup! kita memang harus mengasihi sesama spt diri sendiri. Tapi gak mudah lho.

    BalasHapus
  4. bang susah itu mengasihi orang lain seperti diri sendiri. diri sendiri saja biasanya tidak di perhatikan.... he.. he..

    BalasHapus