Kamis, 15 Januari 2009

Londa,Tana Toraja


Londa adalah pekuburan berbentuk gua yang terletak sekitar 11 km arah utara dari kota Makale ibu kota kabupaten Tana Toraja. Suasana dalam gua sangat lembab dan sedikit menyeramkan,tengkorak dan tulang belulang banyak berserakan.
Orang meninggal yang di masukkan ke dalam gua dibuatkan patung ( tau-tau dalam bahasa Toraja). Patung ini akan mewakili karakter dari si orang meninggal.


Pengunjung yang masuk ke dalam pekuburan gua Londa kadang meninggalkan uang atau rokok ( tujuannya apa ya??). Saya dan teman yang kebetulan baru pertama masuk ke londa dan mengikuti kebiasaan pengunjung lain akhirnya ikut juga ninggalin uang dan rokok,he...he...he....










Menurut guide yang menemani kami,dua tengkorak ini adalah sepasang kekasih yang bunuh diri karena tidak mendapat restu dari orang tua.











Kaum bangsawan yang meninggal ditempatkan dibagian atas gua dengan bebatuan yang sangat cadas, untuk mencapainya sangat sulit dan pengunjung jarang ada yang berani untuk naik . Petinya unik dan terkesan mewah,dan masih menurut si guide didalam peti banyak barang-barang berharga yang ikut tersimpan.

4 komentar:

  1. itu narok benda2 berharga di kuburan pa gak ilang?

    BalasHapus
  2. manusia kan aneh pak,lebih takut sama orang mati daripada orang hidup jadi barang-barangnya aman.

    BalasHapus
  3. Ih...seramnya...namun kendati seram kita harus menghargai kultur dan budaya keragaman yang ada di indonesia.

    BalasHapus
  4. knp KETEK KESU nda di kaih masuk juga om?

    BalasHapus